Sejarah Fakultas

Fakultas Sastra Universitas Bosowa berdiri berdasarkan SK/Akta Pendirian Institusi No. 45 Tanggal 09-12-1985 dan SK Pendirian Fakultas 0798/O/1987. Program yang dikelola oleh Fakultas Sastra adalah jenjang pendidikan S1 dengan 2 (dua) Program Studi Unggulan yang terakdreditasi Baik yakni Sastra Inggris dan Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional.

Fakultas Sastra Universitas Bosowa menaungi Program Studi Sastra Inggris yang saat ini telah terakreditasi B dan juga memiliki program studi unggulan baru yaitu Prodi Bahasa Mandarin untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional.

Keunggulan Fakultas Sastra Unibos selain memiliki tenaga pengajar berkualitas juga memiliki fasilitas laboratorium bahasa yang diperuntukan untuk membantu praktek bahasa Inggris mahasiswa termasuk dalam proses listening.

Fakultas Sastra Universitas Bosowa bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki Klinik Bahasa sebagai lembaga untuk publikasi dan penerbitan karya tulis ilmiah ataupun karya tulisan dari mahasiswa dan dosen.

Sastra bukan hanya sebatas karya, didalamnya dapat membina manusia lebih terampil dalam bidang linguistic, broadcasting, jurnalistik dan penerjemahan. Fakultas Sastra Unibos juga ingin mewujudkan lulusan agar mahir dalam segala bidang kesusastraan hingga mampu bersaing dalam kanca nasional hingga internasional.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Fakultas Sastra Unibos memberi kesempatan mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori dalam perkuliahan tetapi juga banyak berkecimpung secara langsung dengan mengikuti beberapa program internasional, salah satunya ikut serta dalam program Exchange ke Australia, Korea dan Jepang. Kebanyakan, mahasiswa Fakultas Sastra Unibos bergabung dalam UKM English Meeting Unibos.

 

 

 

VISI MISI FAKULTAS SASTRA

 

VISI
Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan Sarjana Sastra yang bermoral baik, berkemampuan akademis dan profesional dalam mengaplikasikan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mengupayakan penggunaan bahasa dan sastra untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.

 

MISI

Mendidik mahasiswa agar mampu menggunakan bahasa secara efektif dengan sistem pembelajaran berorientasi Student Centre Learning (SCL) dan suasana akademik diarahkan untuk mendorong pengembangan kepribadian, memiliki jiwa kewirausahaan, dan semangat juang.

Fakultas Sastra Universitas Bosowa menjalin kerjasama dengan beberapa Lembaga Mitra tingkat nasional, diantaranya Mammiri Travel, White House dan Pemda Barru. Bentuk kegiatan dari Mammiri Travel yaitu; Travel, Study Tour, KKN Profesi dan Penyerapan Tenaga Kerja sehingga mahasiswa/i mendapatkan pengalaman yang sangat berharga tentang kampus di luar negeri dan para mahasiswa/i dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan benar, selain itu alumni Sastra Inggris juga dapat bekerja sebagai Travel Agent atau Tour Guide yang handal.

 

Adapun kerjasama dengan Lembaga White House dengan bentuk kegiatan English Course, Language Laboratorium dan TOEFL TEST sehingga memberikan manfaat dengan tersedianya sarana dalam pengembangan keahlian bahasa Inggris para mahasiswa/i Sastra Inggris. Tidak hanya itu mereka juga mendapatkan tempat untuk magang atau KKN Profesi dalam mengembangkan dan menerapkan kemampuan Bahasa Inggris serta terlibat langsung dalam pengajaran kursus bahasa Inggris.

 

Begitupun kerjasama dengan Pemda Barru yaitu sebagai fasilitator terhadap penelitian dan KKN mahasiswa. Dimana tempat untuk melaksanakan penelitian, magang atau KKN Profesi dalam pengembangan dan penerapan kemampuan Bahasa Inggris mereka juga sebagai tempat untuk pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan yang membangun daerah.

 

Semua kegiatan-kegiatan dalam bentuk kerjasama Fakultas Sastra Universitas Bosowa terdapat bukti berupa MOU, foto dan laporan kegiatan.

logo-big-black

Terakreditasi B

Program Studi
0 Prodi
Tenaga Pengajar
0 Dosen
MAINSITE