Fakultas Sastra UNIBOS dipimpin oleh seorang Dekan dan Wakil Dekan dengan masa tugas selama empat tahun dan dapat dipilih kembali untuk dua periode. Dekan mempunyai tugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, bagi dosen dan karyawan, mahasiswa, serta membina penyelenggaraan administrasi fakultas. Dekan dan Wakil Dekan bekerja secara bersama dalam pengelolaan dan pencapaian tujuan fakultas yang meliputi tujuan bidang akademik, bidang sumber daya, bidang kemahasiswaan, dan bidang penjaminan mutu. Dalam rangka pencapaian visi-misi dan tujuan fakultas, dekan bertanggungjawab penuh terhadap keberhasilan pencapaian tujuan di bidang akademik, sumber daya, kemahasiswaan, dan penjaminan mutu. Wakil dekan bertanggungjawab untuk membantu dekan dalam pencapaian tujuan fakultas meliputi keempat bidang tujuan tersebut.

Sistem tata pamong Fakultas SastraUNIBOS dalam memilih pimpinan diatur dalam (Statuta UNIBOS Tahun 2014). Tentang Prasyarat , Prosedur, dan Masa Jabatan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas.

Persyaratan pemilihan Dekan dan Wakil Dekan adalah sebagai berikut :

  1. Syarat-syarat umum:
    • Menyatakan kesediaan secara tertulis.
    • Berakhlak mulia, berwawasan  Nasional dan global.
    • Memiliki kemampuan kepemimpinan.
    • Bersedia menghidmatkan diri dalam tugas dan mempunyai waktu sekurang-kurangnya 6 jam setiap hari kerja.
    • Memiliki tanggungjawab yang tinggi dalam memajukan dan mengembangkan fakultas.
  2. Syarat Akademik
    • Berijazah minimal Strata Dua (S.2) Dekan dan Wakil Dekan.
    • Mempunyai pengalaman memimpin di Perguruan Tinggi.
  3. Syarat Administrasi
    • Berdomisili di Kota Makassar atau berdomisili di daerah laindengan jarak maksimal 35 km.
    • Tidak merangkap sebagai pimpinan dan anggota BPH UniversitasBosowa Makassar.
    • Tidak merangkap sebagai pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lain.
    • Tidak menjadi pimpinan dan anggota partai politik.
    • Tidak menjadi pengurus dan anggota pada organisasi lain yang amal usahanya sama dengan Muhammadiyah di semua tingkatan.
    • Dekan dipilih dan mendapatkan pertimbangan dalam rapat Senat Fakultas.
    • Dekan dan Wakil Dekan diangkat dan diberhentikan oleh Rektor Universitas Bosowa Makassar atas pertimbangan BPH.
    • Suara terbanyak tidak mutlak bagi Pengangkatan dan penetapan Dekan dan Wakil Dekan, apabila ada pertimbangan lain untuk kemaslahatan dalam pembinaan dan pengembangan UNIBOS.
    • Masa jabatan Dekan dan Wakil Dekan, adalah 4 (empat) tahun dan dapat dipilih kembali dengan ketentuan sebanyak-banyaknya 2 (dua) kali masa jabatan berturut-turut.

Proses pemilihan Dekan dan Wakil Dekan :

  • Calon Dekan dipilih oleh Senat Fakultas dan setelah mendapat pertimbangan dari Badan Pembina Harian (BPH), maka calon Dekan ditetapkan oleh Rektor sebagai Dekan.
  • Calon Wakil Dekan dipilih oleh Senat Fakultas dan setelah mendapatkan pertimbangan dari Badan Pembina Harian (BPH), maka calon Wakil Dekan ditetapkan sebagai Wakil Dekan.

Fakultas Sastra memiliki satu program studi yaitu program studi sastra Inggris yang dipimpin oleh ketua program studi dan sekretaris program studi. Mekanisme pemilihan ketua program studi dan sekretaris program studi adalah: dipilih melalui rapat senat fakultas dengan mengikuti persyaratan yang telah ditetapkan melalui Statuta Universitas Bosowa. Calon ketua dan sekretaris prodi yang terpilih selanjutnya diusulkan kepada Rektor oleh Dekan. Penetapan ketua dan sekretaris program studi melalui SK Rektor.

KREDIBEL

Sistem dan pelaksanaan tata pamong dalam Fakultas SastraUNIBOS mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pedoman pengelolaan Perguruan Tinggi, dan Statuta Universitas Bosowa Makassar yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan operasional fakultas dalam bentuk struktur organisasi dan deskripsi tugas yang telah ditetapkan. Fakultas Sastra Unibos dipimpin oleh seorang Dekan dan di bantu oleh Wakil Dekan yang nantinya akan berkoordinasi dengan Wakil Rektor I dalam pelaksanaan Tugas Akademik, Wakil Rektor II dalam Bidang Administrasi Keuangan, Wakil Rektor III Bidang Pembinaan Kemahasiswaan.

AKUNTABEL

Akuntabilitas diwujudkan dalam bentuk ketersediaan informasi yang dapat diperoleh berdasarkan kemampuan dan kesediaan Dekan dan para Wakil Dekan dalam memberikan informasi atau penjelasan yang terkait dengan tugas dan kewenangannya. Wakil Dekan berkoordinasi dengan Wakil Rektor I melakukan upaya peningkatan profesionalisme dosen melalaui  program studi lanjut, penulisan karya ilmiah, pengabdian kepada masyarakat, kepangkatan, seminar nasional/internasional, workshop, dan sertifikasi dosen. Wakil Dekan juga berkoordinasi dengan Wakil Rektor II dalam upaya menyusun APB Fakultas, memantau dan mengkoordinir penggunaan keuangan serta penataan administrasi di Fakultas Sastra. Program kegiatan kemahasiswaan di koordinir juga oleh Wakil Dekan berkoordinasi dengan Wakil Rektor III dengan melibatkan perwakilan mahasiswa pada kegiatan-kegiatan akademik di tingkat universitas, regional, maupun nasional. Mahasiswa juga diikutsertakan dalam kegiatan penelitian dosen.

TRANSPARAN

Tranparansi Pelaksanaan Organisasi meliputi transparansi pelaksanaan akademik, transparansi pelaksanaan keuangan, dan transparansi pelaksanaan pelayanan kemahasiswaan. Transparansi tersebut didukung dengan: struktur organisasi dan job deskripsi yang jelas sehingga pimpinan dapat mendelegasikan pekerjaan, memonitor pelaksanaan dan mengevaluasi hasil kerja. Sistem kepemimpinan yang berdasarkan asas musyawarah-mufakat, keterbukaan dan transparansi mendukung cepatnya proses pengambilan keputusan yang objektif dalam mengatasi persoalan maupun tantangan yang ada.

BERTANGGUNG JAWAB

Pimpinan fakultas bertanggung jawab terhadap prinsip-prinsip pengelolaan kegiatan organisasi yang baik (Statuta UNIBOS). Dekan fakultas bertanggung jawab dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Pengelolaan Organisasi. Bentuk tanggung jawab tersebut dilaksanakan dalam laporan evaluasi kinerja akademik setiap program studi kepada Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi melalui pelaporan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) yang di koordinasikan oleh Biro Administrasi Akademik. Laporan akademik di lingkungan internal Universitas, Pimpinan fakultas melakukan rekap laporan akademik secara periodik dari setiap ketua program studi. Mekanisme, tanggung jawab dan wewenang sistem penjaminan mutu pada berbagai tingkatan di lingkungan UNIBOS tertuang dalam Dokumen Penjaminan Mutu Akademik.

ADIL

Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi, Dosen dan Karyawan dalam menjalankan tugas-tuganya harus bertindak adil sesuai dengan Struktur dan Tatakerja Organisasi yang tertuang dalam Statuta. Implementasi berbagai kebijakan yang diberlakukan di lingkungan Fakultas Sastra, baik  yang menyangkut pada dosen, karyawan, dan mahasiswa dilingkungan Fakultas Sastra.

Struktur Organisasi dan Mekanisme Kerja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tercermin dalam struktur organisasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (berdasarkan peraturan-peraturan yang di buat melalui rapat pimpinan dan rapat senat, dalam lingkup Fakultas maupun Universitas).