Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Fakultas Sastra mencakup Planning, Organazing, Action, Controlling dan Evaluation serta operasi internal dan eksternal. Sistem pengelolaan pada Fakultas Sastra diupayakan dengan membagi tugas dan tanggung jawab masing-masing unsur didalam system organisasi dan mekanisme kerja yang masih terus ditingkatkan. Konsep Planning, Organazing, Action, Controlling dan Evaluation dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. PLANNING (PERENCANAAN)

Dalam perencanaan, mekanisme yang dilakukan Fakultas adalah dengan penyusunan renstra dan renop, serta penyusunan anggaran. Penyusunan Renstra, Renop dan Anggaran dilakukan melalui prosedur sebagai berikut:

1. Metode Penyusunan Renstra

Dalam menyusun rencana strategis fakultas, tim penyusun menggunakan SWOT analisis dan pembahasannya menggunakan Focus Group Discussion (FGD). Rencana Strategis Fakultas Sastra Universitas Bosowa Makassar di susun melalui beberapa tahapan, yaitu:

  1. Identifikasi dan inventarisasi kondisi umum Fakultas Sastra sebagai objek perencanaan dengan tetap berpedoman pada aturan dan mekanisme pengelolaan Perguruan Tinggi.
  2. Analisis lingkungan strategis yang meliputi (1) Lingkungan Internal termasuk didalamnya sumber daya yang dimiliki oleh Fakultas (2) Lingkungan Eksternal meliputi peluang yang dapat diraih oleh fakultas dan tantangan yang akan dihadapi. Analisis lingkungan ini dilakukan dengan menggunakan SWOT analysis.
  3. Merumuskan dan menetapkan strategi pencapaian tujuan dan sasaran meliputi Kebijakan, strategi , dan program serta rencana operasional yang akan dilaksanakan oleh Fakultas.
  4. Penyempurnaan dan finalisasi dokumen renstra kemudian diserahkan ke senat Fakultas untuk dibahas lebih lanjut dan mendapat pengesahan untuk dijadikan pedoman untuk menyusun Rencana Operasional (RENOP)

2. Metode Penyusunan Renop

Penyusunan Rencana Operasional Fakultas Sastra Universitas Bosowa Makassar, mengacu pada rencana Strategi yang telah ada dengan membuat skala prioritas dan tahapan-tahapan pelaksanaannya yang dimulai sejak tahun 2013 sampai 2020 dalam bentuk matriks.

3. Metode Penyusunan Anggaran

Dalam penyusunan anggaran Fakultas mengundang seluruh stakeholder internal serta mengundang Penyusunan anggaran didasarkan Standar 7 Pembiayaan yang sesuai dengan kebijakan mutu Universitas Bosowa Makassar dengan dan secara teknis dilaksanakan berdasarkan SOP keseluruhan tentang Prosedur Penyusunan Anggaran, pengelolaan dan pelaporan Keuangan dilaksanakan dengan tahapan:

  1. Estimasi biaya untuk masing-masing program dan kegiatan
  2. Informasi mengenai rencana anggaran institusi/ organisasi secara keseluruhan dimiliki
  3. Rekomendasi dan argumentasi anggaran disajikan
  4. Anggaran dinegosiasikan sesuai dengan kebijakan dan prosedur institusi/ organisasi
  5. Keputusan anggaran akhir dan jumlah total untuk masing-masing program diinformasikan kepada fungsi terkait
  6. Perhitungan penyesuaian anggaran dipertimbangkan
  7. Anggaran setiap program dan anggaran tahunan dalam format tertentu sesuai dengan standar keuangan organisasi/institusi dibuat.

4. Perencanaan Akademik dilakukan dengan mekanisme; penentuan jadwal kuliah, penentuan jadwal ujian tengah dan akhir semester, penentuan jadwal ujian skripsi dan pendanaan, penentuan pembimbing skripsi, dan yudisium.

2. ORGANIZING

Proses pengaturan yang dilakukan berdasarkan fungsi masing-masing unit yang ada di Fakultas Sastra sesuai dengan Statuta Sastra Tahun 2014.

3. ACTION

Untuk pengaturan tenaga kependidikan diatur dengan mengacu pada manual kepegawaian di tingkat universitas yang tercantum dalam Standar Mutu UNIBOS.

Dalam kepemimpinan (leading), mekanisme yang dilakukan fakultas adalah:

  1. Rapat Senat Fakultas
  2. Rapat Pimpinan Fakultas dan Program Studi
  3. Rapat Pimpinan Fakultas, Program Studi dan Tenaga Kependidikan
  4. Rapat Pimpinan Fakultas dan Unit Kerja

Rapat-rapat tersebut membahas antara lain: perencanaan, pembagian tugas pokok dan fungsi, koordinasi pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kinerja kegiatan

4. CONTROLLING (PENGENDALIAN)

Dalam hal pengendalian (controling), mekanisme yang dilakukan fakultas antara lain: 1. Pengawasan melekat antara pimpinan fakultas, pimpinan prodi, dan tenaga kependidikan, 2. Pengawasan akademik melalui peraturan akademik fakultas dan evaluasi rutin, 3. Pengawasan non akademik unit kerja dan tenaga kependidikan melalui evaluasi rutin.

Sistem pengambilan keputusan akademik dan personalia di Fakultas Sastra UNIBOS dilakukan melalui: Rapat Senat, Rapat Kerja Fakultas, Rapat Pleno Fakultas, Rapat Pengurus Fakultas, Rapat Pengurus Fakultas dan Prodi, Rapat Program Studi, Rapat Tenaga Kependidikan, dan Rapat Satuan.

Pengambilan keputusan dilakukan atas dasar musyawarah mufakat, keterbukaan dan berpedoman pada ketentuan yang berlaku di Fakultas SastraUNIBOS dan di lakukan secara berjenjang sesuai permasalahan yang di hadapi dan sesuai wewenang dan tanggungjawab masing-masing jenjang pengambil keputusan. Keputusan yang telah di ambil melalui rapat diwujudkan dalam bentuk surat keputusan Fakultas mulai perekrutan, pelatihan, dan penyeleksian untuk menempati posisi-posisi dalam lingkup susunan organisasi fakultas. Untuk itu pemimpin Fakultas dituntut untuk menumbuhkan pola partisipatif dalam menciptakan suasana kebersamaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. EVALUATION

Mekenisme evaluasi ditetapkan dan dilakukan terhadap kegiatan planning, organizing, action and controlling, sehingga kegiatan yang telah dilakukan dapat diketahui kekurangan dan kelemahannya untuk perbaikan ke depan