Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa Fakultas Sastra mengikuti tata cara rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Bosowa secara daring. Informasi lengkap tentang sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa dapat diakses melalui laman www.you.universitasbosowa.ac.id .

1. KEBIJAKAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kebijakan yang ditempuh dalam proses rekrutmen mahasiswa baru selalu dimulai dari  proses koordinasi antara pimpinan Fakultas dengan Ketua Jurusan terkait dengan  penentuan daya tampung. Sedangkan kriteria atau persyaratan pendaftaran dan seleksi pendaftar ditentukan oleh Universitas Bosowa.

2. KRITERIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kriteria dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru ditetapkan secara umum mengacu pada peraturan akademik universitas dan fakultas serta secara khusus pada kompetensi  masing-masing program studi.

3. PROSEDUR

Penerimaan mahasiswa baru untuk Fakultas Sastra dilakukan dengan sistem seleksi secara terpadu dengan Fakultas lainnya pada tingkat Universitas Bosowa yang dikenal dengan Ujian Masuk Universitas Bosowa (UM-UNIBOS),dan dilaksanakan sekali dalam setahun. Adapun jadwal penerimaan/pendaftaran calon mahasiswa baru dilaksanakan secara rutin dari bulan Juni s/d September setiap tahunnya dengan sistem gelombang (I-III). Sedangkan seleksi  atau   ujian  masuk  dilaksanakan pada setiap gelombang. Bagi pendaftar yang memiliki prestasi akademik yang memuaskan pada sekolah menengah atas dibebaskan dari ujian seleksi. Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tersebut dilakukan oleh Panitia yang  dibentuk   dan  diangkat dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Bosowa.

4. INSTRUMEN

Instrumen yang digunakan dalam proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru adalah Sistem Informasi Pendaftaran dan Pelaksanaan Ujian, Sistem Informasi Pengadaan Naskah,  Sistem Informasi Pengolahan Data dan Evaluasi Jalur Undangan,  Sistem Informasi Pengolahan Data Hasil, Seleksi dan Naskah Seleksi. Instrumen seleksi (tidak memasukan faktor suku, agama, RAS, golongan, gender, status sosial, dan politik) dapat dibagi dua:

  1. Seleksi melalui jalur non tes: diantaranya, data rapor siswa dan indeks sekolah. Indeks sekolah adalah data kualitas sekolah yang diantaranya merupakan fungsi jumlah lulusan sekolah tersebut yang masuk Universitas Bosowa serta kualitasnya ketika seleksi masuk Universitas Bosowa dan ketika menjadi mahasiswa Universitas Bosowa.
  2. Seleksi melalui jalur tes tertulis: menggunakan naskah seleksi.

5. SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

  1. Skor siswa
    Jalur tanpa tes: n = f (nilai rapor siswa, bobot matpel, indeks sekolah, …)
    Jalur tes : nilai mentah (+4, 0, -1), nilai hasil pembobotan dan ekuating, nilai
    baku, nilai nasional.
  2. Proses Alokasi oleh Sistem