Sarana

ASPEK KECUKUPAN

Ketersediaan sarana di fakultas untuk menjamin penyelenggaran program tridharma yang bermutu tinggi saat ini dipandang belum memadai, baik dari segi kecukupan, ketersediaan dan kewajaran.

ASPEK PENGEMBANGAN

Untuk pengembangannya dalam lima tahun kedepan fakultas mengupayakan peningkatan pemeliharaan sarana yang ada, penambahan sarana, dan peningkatan efektifitas penggunaan sarana yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh civitas akademika. Disisi lain penambahan sarana menghadapi kendala yaitu: pengadaan sarana terpusat di yayasan.

KENDALA

Kendala yang dihadapi dalam pemeliharaan dan penambahan sarana, saat ini belum ada karena kebutuhan dana didukung oleh yayasan aksa Mahmud.

Prasarana

ASPEK KECUKUPAN

Untuk menjamin proses penyelenggaraan akademik di setiap prodi dalam hal kecukupan/ketersediaan/akses dan kewajaran serta rencana pengembangan dalam lima tahun mendatang, maka pihak Universitas dan Yayasan senantiasa melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka penyediaan prasarana untuk menunjang proses akademik pada setiap prodi.

ASPEK PENGEMBANGAN

Untuk menjamin proses penyelenggaraan akademik di setiap prodi dalam hal kecukupan/ketersediaan/akses dan kewajaran serta rencana pengembangan dalam lima tahun mendatang, maka pihak Universitas dan Yayasan senantiasa melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka penyediaan prasarana untuk menunjang proses akademik pada setiap prodi. Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pimpinan Universitas dan Yayasan berdasarkan hasil keputusan rapat bersama yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan pada setiap Fakultas dan Prodi-prodinya, sehingga Fakultas Sastra tidak ragu dengan kondisi yang terjadi dan telah siap untuk lima tahun kedepan. Prasana tersebut yaitu ketersedian lahan seluas 20 hektar yang dapat digunakan untuk pengembangan kampus. Disampaing itu pula untuk menambah luas lahan yang ada pihak yayasan telah berencana untuk pengadaan lahan tambahan seluas 10 hektar. Sehingga kecukupan lahan untuk lima tahun kedepan sangat memadai dan pihak fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan tidak merasa ragu dan kekurangan untuk lima tahun bahkan 10 tahun kedepan dengan ketersedian prasarana untuk mendukung kegiatan caturdharma perguruan Tinggi.

KENDALA

Kendala yang dihadapi dalam pemeliharaan dan penambahan prasarana, saat ini belum ada karena kebutuhan dana didukung oleh yayasan aksa Mahmud.

Sistem Informasi

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, Fakultas Sastra telah memanfaatkan jaringan internet untuk menunjang kegiatan akademik dan administrasif, sehingga pelayanan terhadap mahasiswa, dosen, pegawai maupun pihak luar semakin meningkat. Untuk menunjang program tersebut, Fakultas Sastra sampai saat ini telah memiliki jaringan layanan publik secara daring yang ditunjang dengan kelengkapan software dan hardware. Internet menjadi produk unggulan Fakultas Sastra dalam mewujudkan layanan maksimal tersebut, baik melalui jaringan lokal maupun interlokal dengan akses kabel dan nirkabel. Informasi-informasi yang diperlukan oleh masyarakat dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat, misalnya informasi tentang Universitas Bosowa beserta lembaga-lembaga di bawahnya, informasi penerimaan mahasiswa baru (PMB UNIBOS), dan web fakultas. Web Fakultas Sastra ini yang diharapkan dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat.

Selain hal-hal tersebut di atas pemanfaatan IT juga diwujudkan dalam program e-learning atau pembelajaran berbasis teknologi. Learning Management System yang dimiliki oleh Universitas Bosowa dapat dimanfaatkan oleh seluruh dosen, termasuk dosen Fakultas Sastra. Selain LMS, Universitas Bosowa juga memiliki directory file dosen yang berisi karya-karya dosen yang dapat diunduh secara bebas, silabus daring yang juga dapat diunduh mahasiswa dimana saja mahasiswa itu berada, kumpulan artikel yang berasal dari skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa, repository skripsi, tesis dan disertasi mahasiswa UNIBOS yang disimpan Perpustakaan UNIBOS, serta portal jurnal UNIBOS baik yang dibuat sendiri maupun yang menggunakan Open Journal System (OJS).

Untuk memaksimalkan monitoring pimpinan Fakultas terhadap pelaksanaan program kerja di masing-masing program studi, maka keberadaan sistem manajemen informasi dan ICT menjadi hal yang mutlak disediakan dan dipergunakan karena memiliki tingkat keakuratan dan kemudahan serta efisiensi waktu yang cukup tinggi, sehingga setiap kebijakan akan semakin mudah tersosialisasikan dan terserap oleh semua pihak dengan baik. Melalui intranet dan internet, dalam bidang layanan akademik telah tersedia Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) untuk layanan administrasi akademik, layanan akademik untuk bimbingan akademik, pemasukan jadwal perkuliahan,  mengakses nilai, layanan proses pemasukan nilai oleh dosen, penilaian kinerja dosen. Dengan model tersebut, pemasukan nilai oleh dosen di atas 90% tepat waktu, dosen mengetahui umpan-balik hasil evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa, kuota pendaftar lebih cepat diperoleh, serta pelaksanaan kontrak kuliah dan perwalian menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem informasi dengan fasilitas ICT dirasakan sangat bemanfaat dalam proses pengambilan keputusan karena didasarkan pada akses data yang cepat dan akurat, manipulasi data dapat dihindari dan mengedepankan transparansi, hal ini tentu saja akan berpengaruh pada pengembangan institusi kedepannya. System informasi in mulai dimanfaatkan dalam proses pengambilan mata kuliah disetiap semester untuk membantu mahasiswa merencanakan studinya dengan baik. Informasi mengenai perkembangan akademik  mahasiwa ditampilkan secara otomatis dalam system ini seperti nilai mata kuliah, IPK, jadwal perkuliahan, jadwal ujian dan jatah pengambilan sks.

Proses pembelajaran di Fakultas Sastra Universitas Bosowa telah menggunakan system informasi dan teknologi informasi yang memadai, kegiatan administrasi akademik seperti pendaftaran kelas, pemasukan data kehadiran mahasiswa, pemasukan data nilai mata kuliah, dan pencetakan transkrip nilai mahasiswa menggunakan system informasi akademik terpadu Universitas Bosowa

QUICKLINKS