Peranan Fakultas

PENYEDIAAN FAKULTAS

Fakultas Sastra sangat berperan pengembangan kurikulum jurusan dan prodi. Bentuk dukungan fakultas dalam penyusunan, implementasi, dan pengembangan kurikulum antara lain dalam penyediaan fasilitas, pengorganisasian kegiatan, serta bantuan pendanaan. Fakultas melalui Bidang Akademik mengkoordinasikan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan pendidikan dan pengajaran; menilik dan mengkoordinasikan kegiatan penyusunan kurikulum di bawah jurusan dan  program studi yang ada, melakukan pembinaan dan pengembangan tenaga pengajar pengampu mata kuliah dalam pembuatan SAP/RPKPS; mengkoordinasi kegiatan persiapan program perkuliahan serta mengkoordinasi pengelolaan data akademik, maupun kegiatan merencanakan susunan Penasehat Akademik.

KURIKULUM PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visiprogram Fakultas. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

Dalam penyusunan kurikulum Pimpinan fakultas memberikan kewenangan dan memotifasi kepada setiap prodi untuk melakukan inovasi dalam penyusunan kurikulum demi tercapainya Visi, Misi Fakultas dan prodi dibawah koordinasi Wakil dekan I Bidang Akademik. Disamping itu pihak fakultas tidak hanya sekedar memfasilitasisetiap kegiatan yang dilakukan oleh prodi dalam hal penyusunan dan pengembangan kuriklum akan tetapi ikut andil dan berperan aktif dalam mendampingi kegiatan ditingkat prodi hingga tersusunnya kurikulum yang baru, termasuk didalamnya menyiapkan anggaran yang dibutuhkan untuk melahirkan kurikulum yang kompetitif.
Kurikulum program studi Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Bosowa diarahkan agar dapat memenuhi visi dan misi yang telah dirumuskan. Visi dan misi program studi dirumuskan untuk mengantisipasi tantangan masa depan dengan tetap mengacu pada visi misi Universitas maupun Fakultas.

BANTUAN DANA

Ada alokasi dana dalam anggaran institusi dan sumber daya yang jelas dan memadai, serta realisasi sesuai jadwal untuk semua jurusan/program studi dalam merencanakan melaksanakan, mengembangkan, memutakhirkan kurikulum.
Pengelolaan keuangan yang dilaksanakan oleh Fakultas Sastra Universitas Bosowa menekankan kepada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya kegiatan pengajaran dan peningkatan mutu kurikulum, mutu dosen, mutu lulusan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat maupun kajian-kajian ilmiah. Fakultas lebih menekankan pada peningkatan pelayanan administrasi baik terhadap mahasiswa maupun lulusan, peningkatan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar, maupun peningkatan kualitas gedung perkuliahan.