I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

1. Kredibel

Untuk membangun system tata pamong yang kredibel, perlunya menempatkan SDM yang kompeten dibidangnya baik ditingkatan struktural, dosen maupun staf.

Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris merupakan salah satu dari 2 (dua) Program Studi yang dibina Fakultas Sastra Universitas Bosowa Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris memiliki 6 orang dosen tetap dengan rincian kualifikasi pendidikan; 1 orang berkualifikasi S3, 5 orang berkualifikasi S2.

Sementara staf 1 orang berkualifikasi S1. Dosen Tetap Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris sebanyak 6 orang terdapat 4 orang yang telah tersertifikasi dan 1 orang masuk daftar proses sertifikasi dan 1 orang belum.

2. Transparan

Untuk menciptakan sistem yang transparan, rencana-rencana kegiatan dan rancangan kebijakan terlebih dahulu diagendakan rapat jurusan dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari civitas akademika untuk diputuskan secara bersama, demikian juga selanjutnya, apa yang akhirnya menjadi kebijakan program studi senantiasa disosialisasikan ke civitas akademika termasuk mahasiswa.

Pemilihan Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris dilakukan secara terbuka dan transparan yang melibatkan seluruh dosen Program Studi dan diketahui oleh Dekan kemudian disahkan oleh Rektor dalam bentuk Surat Keputusan.

3. Akuntabel

Untuk tata pamong yang akuntabel, Program Studi dipimpin oleh seorang Ketua Program dan dalam pelaksanaan setiap kegiatan akademik memberikan laporan pertanggungjawaban kepada Dekan.

Pelaksanaan proses belajar mengajar pada Program Studi Sastra Inggris mengacu pada Peraturan Akademik, Statuta, Kode Etik Dosen dan Mahasiswa.

4. Bertanggung Jawab

Ketua Program Studi bertanggung jawab terhadap bekerjanya mekanisme sistem yang ada di program studi termasuk bertanggungjawab terhadap kegiatan akademik yang meliputi: proses belajar mengajar, kegiatan laboratorium, perpustakaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik terhadap dosen maupun kepada mahasiswa.

5. Adil

Adapun sistem tata pamong yang adil di program studi diterapkan dengan memberikan kesetaraan atau kesempatan yang sama dalam hal menuntut ilmu, melakukan penelitian untuk pengembangan keilmuan, memberikan saran dan masukan dalam pelaksanaan kegiatan akademik maupun dalam penerapan kebijakan serta memiliki hak yang sama untuk ikut terlibat dalam pemilihan ataupun dipilih untuk mengisi jabatan structural dalam hal ini sebagai dekan dan ketua jurusan ataupun jabatan lainnya dalam ruang lingkup universitas.