Kebijakan dalam Suasana Akademik

OTONOMI KEILMUAN

merupakan kebebasan yang dimiliki anggota civitas akademika untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab dan mandiri.

KEBEBASAN AKADEMIK

merupakan kebebasan yang dimiliki anggota civitas akademika untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan proses akademik yang berlangsung dalam ruang lingkup fakultas.

KEBEBASAN MIMBAR AKADEMIK

merupakan kebebasan yang dimiliki anggota civitas akademika untuk mengungkapkan ide dan pemikirannya melalui mimbar akademik ataupun kegiatan lain yang sejenis dan semua hal tersebut diatas selengkapnya diatur dalam statuta universitas dalam Bab VII pasal 18-pasal 22.

Sarana & Prasarana

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

QUICKLINK ONLINE APPLICATION

Event & Kegiatan

Interaksi antar Cendekia

Pengembangan Perilaku Kecendekiawanan

Kegiatan penanggulangan kemiskinan

Kegiatan ini berupa bakti sosial seperti kunjungan ke Panti Asuhan, Panti Sosial dan Panti Wredha. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun yang bertujuan selain memberikan bantuan berupa materi seperti dana dan pakaian dan buku-buku bacaan, kegiatan ini juga sebagai program yang dapat meningkatkan rasa solidaritas dan peduli bagi dosen dan mahasiswa.

Pelestarian Lingkungan

Kegiatan ini dirangkaikan dengan salah satu mata kuliah yaitu Pendidikan Karakter Berbasis Sastra sebagai bentuk kegiatan guna menempa karakter mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat karena secara tidak langsung masyarakatlah yang menghasilkan sastra dan dalam karya sastra tercermin masyarakatnya bagaimana budaya, pola pikir atau cara pandang masyarakat dalam hidupnya.

Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan memungut sampah di sekitar Universitas. Kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh peserta mata kuliah tapi oleh seluruh dosen, mahasiswa dan pegawai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa sadar akan lingkungan.

Selain itu juga diadakan pendakian gunung untuk meningkatkan kecintaan mahasiswa akan lingkungannya yang dirangkaikan dengan penanaman pohon dan pemungutan sampah di sekitar jalur pendakian.

Selain itu kegiatan lain yang rutin dilakukan adalah pelaksanaan penyuluhan tentang AIDS. Kegiatan ini dilakukan tiap tahun pada saat hari AIDS se-dunia. Kegiatan ini berupa penyuluhan dan pemeriksaan darah gratis bekerja sama dengan Rumah Sakit juga pelaksanaan donor darah sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Kegiatan Penanggulangan Masalah Ekonomi

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar terkait masalah ekonomi. Kegiatan ini seperti bazaar bahan makanan pokok, pembagian ta’jil atau menu buka puasa pada saat bulan Ramadhan atau pelaksanaan sahur on the road dengan membagikan menu sahur bagi mereka yang membutuhkan.

Kegiatan lainnya dapat berupa pemberian sumbangan dalam bentuk pakaian, makanan, obat-obatan dan air bersih ketika terjadi bencana kebakaran, angin puting beliung ataupun banjir.

Mahasiswa dan para dosen juga diajak untuk ikut serta dalam program Adik Asuh yang diselenggarakan oleh Remaja Mesjid Kampus UNHAS dengan memberikan bantuan bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi memiliki keterbatasan dana dan prasarana.