Pelaksanaan Pembelajaran

metode  pembelajaran  adalah  strategi pembelajaran yang digunakan oleh dosen sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran  yang  telah  ditetapkan. Hal  ini  mendorong  seorang  dosen  untuk mencari metode  yang tepat dalam penyampaian  materinya agar dapat diserap dengan  baik  oleh  mahasiswa.  Mengajar  secara  efektif  sangat  bergantung  pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar. berikut metode pembelajaran yang digunakan di Fakultas Sastra Unibos

MONITORING KEHADIRAN DOSEN

Mekanisme monitoring dilakukan oleh pihak jurusan / program studi dengan membuat daftar monitoring perkuliahan yang harus diisi dan ditandatangani oleh setiap dosen pada hari perkuliahan yang telah ditentukan.

Selain itu pemantauan langsung perkuliahan juga dilaksanakan oleh pihak yayasan berdasarkan jadwal perkuliahan program studi. Tim Penjaminan Mutu juga melaksanakan monitoring kehadiran dosen.

Menjelang ujian akhir semester,dilakukan crosscheck hasil monitoring yang dilakukan oleh jurusan, hasil monitoring pihak yayasan dan tim penjaminan mutu.

MONITORING KEHADIRAN MAHASISWA

Mekanisme monitoring dilakukan oleh pihak jurusan / program studi dengan membuat daftar monitoring perkuliahan yang harus diisi dan ditandatangani oleh setiap mahasiswa pada hari perkuliahan yang telah ditentukan.

Selain itu pemantauan langsung perkuliahan juga dilaksanakan oleh pihak yayasan berdasarkan jadwal perkuliahan program studi.

Menjelang ujian akhir semester,dilakukan cross check hasil monitoring yang dilakukan oleh setiap dosen, jurusan dengan hasil monitoring pihak yayasan.

MONITORING MATERI SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mekanisme monitoring dilakukan oleh pihak jurusan/ program studi dengan meminta bukti penyusunan materi perkuliahan baik dalam bentuk silabus, satuan acara perkuliahan maupun bahan ajar atau materi perkuliahan per satuan tatap muka.

Mekanisme Penyusunan Materi Perkuliahan

  • penyusunan silabus dan SAP melibatkan dosen dalam satu bidang keahlian
  • penyusunan materi kuliah oleh dosen dalam satu bidang keahlian
  • materi kuliah yang telah disusun oleh kelompok dosen bidang keahlian, didiskusikan dalam rapat seluruh dosen untuk mendapatkan masukan dari dosen di luar bidang keilmuan
  • pengguna lulusan diundang oleh prodi untuk memberikan masukan perkembangan terkini dilapangan agar dapat diintegrasikan ke dalam materi kuliah
  • penyusunan modul kuliah secara bersama-sama
  • setiap dosen diminta menyerahkan modul kuliah ke program studi
  • pada perkuliahan untuk mata kuliah kelas paralel dengan dosen yang berbeda diberikan materi kuliah dan soal ujian yang sama.